Sebanyak 24 orang berusia 17 lebih berasal dari desa di sekitar SMK Negeri 1 Kaligondang yaitu Selanegara, Penolih, dan Selakambang mengikuti bakti sosial kompetensi yang merupakan rangkaian kegiatan HUT SMK Negeri 1 Kaligondang. Acara berlangsung selama tiga hari yaitu Selasa 7 September hingga Kamis 9 September 2021 di SMK Negeri 1 Kaligondang.

Bakti Sosial dari jurusan Tata Boga membuat aneka kue

Dalam kegiatan tersebut terdapat 6 kompetensi yang menjadi tujuan belajar yaitu Teknik Las dengan Teknik Pemesinan, TKR dengan TMPO, Tata Boga, Multimedia, Akuntansi, dan TBSM. Enam kompetensi tersebut mengajarkan keterampilannya seperti, bodi otomatis, pembukuan sederhana, membuat aneka kue modern, microsof office, servis perawatan rutin sepeda motor, dan mengoperasikan mesin las.
Dari kegiatan tersebut peserta mendapat seragam, kit materi, uang transport, dan sertifikat. Tak lupa, skill yang dapat diterapkan untuk mengembangkan usaha mereka.

Baksos Kompetensi dari jurusan TBSM yaitu servis perawatan rutin sepeda motor

Selain melaksanakan kegiatan baksos komptensi, SMK Negeri 1 Kaligondang melalui pemerintah desa Sokanegara juga memberikan kincir angin untuk fasilitas pengadaan air bersih di desa Sokanegara.

Rangkaian kegiatan HUT diakhiri dengan tasyakuran bersama pada tanggal 30 September 2021 yang dilaksanakan di aula SMK Negeri 1 Kaligondang. Selain potong tumpeng, ada pula pensi yang dimeriahkan band SMK, tari-tarian dari ekskul tari, pembacaan puisi, dan monolog dari siswa, pembagian hadiah lomba dan masih banyak lagi. Kegiatan ini dilaksanakan secara live di Youtube sehingga siswa bisa menyaksikannya dari rumah.

Leave a Comment