Menyambut kurikulum baru yang dinamakan Kurikulum Merdeka, maka SMK Negeri 1 Kaligondang mengadakan In House Training (IHT) untuk para bapak dan ibu guru dengan tema Merdeka Belajar – Merdeka Mengajar. Kegiatan ini dilasanakan pada tanggal 21-31 Maret 2022 dengan harapan setelah kegiatan ini selesai, bapak dan ibu guru memiliki pemahaman tentang apa itu kurikulum Merdeka, yaitu kurikulum baru yang rencananya akan mulai dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kaligondang tahun ajaran baru nanti.

IHT hari pertama dilaksanakan di gedung Teknopark SMK Negeri 1 Kaligondang dengan dibuka oleh Bapak Kepala Sekolah, Bapak Trisna Widada, S. Pd dan bapak Drs. Suwanto, M. Pd selaku Pengawas SMK Cabdin Wilayah IX Provinsi Jawa Tengah. Dalam sambutannya, Bapak Suwanto menyampaikan apresiasi yang tinggi untuk SMK Negeri 1 Kaligondang karena menjadi sekolah pertama yang melaksanakan IHT Kurikulum Merdeka. Beliau juga memaparkan sekilas tentang kurikulum baru tersebut.

IHT hari-hari berikutnya dilaksanakan di ruang kelas dimana bapak dan ibu guru terbagi menjadi kelompok-kelompok dengan fasilitator masing-masing. Menggunakan aplikasi “Merdeka Mengajar”, bapak dan ibu guru bersama-sama belajar tentang konsep kurikulum Merdeka. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 13.00 – 15.30 atau setelah selesai KBM siswa di sekolah. Para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan ikut serta dalam memberikan pendapatnya dalam forum diskusi. Mari kita sambut kurikulum baru, Kurikulum Merdeka, Merdeka Belajar – Merdeka Mengajar!

Leave a Comment