Juara 2 Lomba Kompetensi Siswa SMK Tingkat Nasional XXVI di Lombok

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional adalah kompetisi keahlian siswa SMK yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

LKS SMK diselenggarakan pada tanggal 6 sampai Mei 2018 yang berpusat di Lombok City Center (LCC), Nusa Tenggara Barat, yang merupakan penyelenggaraan LKS SMK ke 26.

Selain di LCC, LKS juga berlangsung di SMKN 1 Lembar, SMKN 3 Mataram, SMKN 4 Mataram, serta di Hotel Lombok Raya.

Tahun ini, secara total LKS SMK memperlombakan 58 bidang lomba. Terdapat 51 lomba untuk tingkat nasional yang diikuti oleh 1.068 siswa SMK dari 34 Provinsi, dengan rincian 49 bidang dilombakan secara luring (offline), dan 2 bidang secara daring (online).

Dalam pelaksanaan tahun ini, LKS juga memperlombakan 7 bidang lomba skala ASEAN dengan nama Southeast Asia Creative Camp (SEACC) yang melibatkan total 1.497 tim dari 9 negara.
Dalam kesempatan ini atas nama ROIS dari SMK Negeri 1 Kaligondang Mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti LKS dengan bidang lomba Automobile Technologi dan berhasil sebagai Pemenang Tingkat 2 Se Indonesia, tentunya dalam hal ini sangat membanggakan bagi SMK N 1 Kaligondang khususnya dan Provinsi Jawa tengah pada umumnya

Pemenang LKS SMK tingkat nasional tahun 2018 nantinya akan disiapkan untuk mengikuti World Skills Competition (WSC) tahun 2019 di Kazan, Rusia.
“Generasi Muda Zaman Now yang berkompeten dan berkarakter” dipilih menjadi tema LKS tahun ini.
Tidak hanya lomba, LKS juga menghadirkan banyak kegiatan lainnya, seperti pameran produk inovasi unggulan dari 34 provinsi, pameran produk kreasi siswa dari 20 SMK di NTB, pameran industri oleh 52 perusahaan, pojok literasi, workshop SEACC, one school one province (OSOP), sertifikasi kompetensi, workshop kebekerjaan, bazaar buku, menonton film bersama, dan job matching.

LKS dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi bersama Gunernur NTB, TGB Zainul Majdi, dimana pembukaan LKS SMK dihadiri oleh 4.000 orang dan merupakan bagian dari rangkaian acara Puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang tahun ini dipusatkan di Provinsi NTB.