Januari 2019. Memasuki semester genap SMKN 1 Kaligondang bekerja sama dengan Kodim 0702/Purbalingga melaksanakan program pendidikan Ketarunaan bagi siswa kelas X untuk tahun Diklat 2019/2020 dengan materi dasar Ketarunaan dasar (Latdastar). Ketarunaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip militer yang bertujuan untuk pendidikan karakter dan kedisiplinan. Kegiatan ini berlangsung selama satu tahun dan ini tinggal 6 bulan ke depan.

Foto. Siswa ketarunaan melakukan apel pagi

Kegiatan Ketarunaan ini dilaksanakan untuk menyiapkan siswa mensikapi ketatnya persaingan dan standarisasi di dunia kerja dan dunia industri nantinya sehingga perlu disiapkan tamatan yang berkompeten, bermoral, berkarakter, disiplin dan tentunya mempunyai jiwa pantang menyerah, bertanggung jawab serta cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme tinggi melalui Ketarunaan.
Yang mana orientasi sebuah SMK yakni BMW, bekerja, melanjutkan atau kuliah. Nah dengan pembentukan dasar inilah diharapkan output akan berhasil dan memberikan sumbang sih pada bangsa kita tercinta ini. Karena kita tidak tahu 5, 10 tahun mendatang mereka akan menjadi apa mereka adalah penerus Bangsa yang akan melanjutkan amanah Bangsa ini.
Pendidikan ketarunaan dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut dengan sistem among.

Leave a Comment