Kunjungan Industri Tahun 2017

Pada tanggal 2 s/d 5 Agustus 2017, sebanyak 13 Bus yang berisi 612 Siswa SMK N 1 Kaligondang melaksanakan Kunjungan Industri , Siswa- siswi Jurusan Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Pemesinan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Persiapan Grafika, Multimedia dan Akuntansi beserta guru dan karyawan melakukan kunjungan Industri ke berbagai industri besar di Bandung dan Jakarta setiap masing- masing jurusan melakukan kunjungan industri ke perusahaan yang sesuai dengan jurusan masing- masing di antaranya:

1. Teknik Kendaraan Ringan ke PT. SUZUKI Indonesia di Jakarta
2. Teknik Pemesinan ke PT. Dirgantara Indonesia dan PT. Perkasa Heavyndo Enggineering di Bandung
3. Teknik Sepeda Motor ke PT SUZUKI di Jakarta
4. Teknik Persiapan Grafika ke PT. Caladi 59 (C59)
5. Multimedia ke TVRI dan Teknopark Bandung
6. Akuntansi Ke Bank Indonesia, Kantor Pajak dan Beacukai di Bandung

Kegiatan yang selalu dilakukan setiap kelas XI di SMK N 1 Kaligondang ini diperuntukkan bagi Siswa, tentunya dengan dampingan beberapa guru. Kunjungan industri dicanangkan sebagai sarana memperkenalkan bidang-bidang pekerjaan yang akan ditekuni oleh siswa kelak. Kegiatan kunjungan industri ini juga dapat mendukung implementasi kurikulum, dimana isi materi kurikulum atau silabus sejauh mungkin disesuaikan dengan perkembangan zaman.
Alasan itulah yang menggerakkan SMK N 1 Kaligondang untuk mengadakan kunjungan industri. Adapun tujuan lebih rinci dari kegiatan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Memberikan wawasan dan memperkenalkan kepada siswa mengenai perkembangan teknologi di bidang industri secara nyata di dunia kerja;
2. Memperkenalkan siswa kepada industri dan kemungkinan untuk melakukan kerja praktek ataupun kesempatan untuk bekerja;
3. Menjajaki untuk melakukan kerja sama; dan
4. Sebagai dasar bahan masukan untuk perbaikan kurikulum dan silabus , serta implementasi di pembelajaran tersebut.

Setelah melakukan Kunjungan Industri selanjutnya di adakan kegiatan wisata di lokasi wisata Kawah Putih Ciwidey Bandung, Para peserta beristrihat dan bermalam di eMTe Resort Ciwidey.