Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana, dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur (budaya) sekolah, diikuti oleh Peserta Didik baru kelas X. Pelaksanaan MPLS bagi Peserta Didik Baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif, untuk mewujudkan sekolah sebagai taman belajar yang nyaman bagi Peserta Didik.
Berdasarkan peraturan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Nomor 420/06283 Tahun 2021, MPLS diselenggarakan selama tiga hari dimulai tanggal 12 Juli hingga 14 Juli 2021. Selama tiga hari, Peserta Didik Baru wajib mengikutinya karena nantinya Peserta Didik Baru akan diminta menanggapi materi yang sudah disampaikan Bapak/Ibu guru.

Foto Google Meet, saat Guru menyampaikan materi kepada Peserta Didik Baru

MPLS di lingkungan SMK Negeri 1 Kaligondang sendiri, dilaksanakan secara daring melalui media WA dan google meet. Adapun materi yang disampaikan antara lain pengenalan warga dan jurusan di sekolah, pengenalan metode pembelajaran jarak jauh (Moodle, google meet, dll). Meskipun begitu, Peserta Didik Baru bersemangat mengikutinya hampir 100% peserta didik baru dapat menanggapi diskusi dari materi yang dibagikan Bapak Ibu guru pendamping.

Leave a Comment