PEMILIHAN KETUA OSIS SMKN 1 KALIGONDANG

Kaligondang- Pemilihan Ketua OSIS SMKN 1 Kaligondang, Kamis (22/2) digelar di halaman sekolah setempat. Kegiatan yang bertujuan untuk belajar demokrasi ini,diikuti 3 pasangan calon ketua OSIS. Ada 1.760 siswa ,guru dan karyawan yang memiliki hak memilih dalam kesempatan itu.

Sebelum hari H pemilihan, dua hari sebelumnya ketiga paslon ketua OSIS SMKN 1 Kaligondang, melakukan kampanye, yakni menyampaikan visi dan misi di hadapan teman-temannya, guru dan karyawan.

“Acara Pemilihan Ketua OSIS ini kami buat seperti Pemilu pada umumnya. Ada Tempat pemungutan Suara (TPS), petugas yang terlibat di TPS, pengawas dan pemantau. Dan kami mengucapkan terimakasih kepada Komisi Pemilihan Umum Purbalingga (KPU) yang telah memfasilitasi segala sesuatunya, termasuk bilik dan kotak suara,sehingga acara Pilketos ini berjalan lancar,” ujar Kepala SMKN 1 kaligondang, F Budi Santosa di sela-sela kegiatan Pilketos.

Ada tiga Paslon ketua Osis yang dipilh dalam Pilketos ini.Mereka, Paslon no 1 Chareun Age Saputra – Amelia Nur Afifah , No 2 Julianto – Farahlia Nur Fatihah, dan No 3 Alviatun Nur Hidayah – Deni Dwi Haryanto.

Dari pemilihan itu, terpilih sebagai Ketua Osis atau yang meraih suara terbanyak, pasangan Julianto dan Farahlia Nur Fatihah mendapat 683 suara, disusul Alviatun Nur Hidayah dan Deni Dwi Haryanto (303), dan Chareun Age Saputra dan Amelia Nur Afifah (247).Sedangkan jumlah suara golput 376.Mereka yang Golput itu, karena tidak berada di sekolah, dan kebanyakan sedang mengikuti rekrutmen kerja di luar kota.

Waka SMKN 1 Kaligondang, Ratna Palupi menambahkan, Pilketos berjalan lancar dan tertib. Dimulai urut per kelas,di mana setiap kelas rata-rata berjumlah 50 orang, angtri untuk masuk ke bilik suara. Setelah mencoblos salah satu Paslon,lalu dilipat dan dimasukkan ke kotak suara yang sudah dijaga petugas. Kemudian sebagai penanda telah menggunakan hakpilih,jari telunjuk dicelupkan ke botol tinta.

“Kami buat sedemikian rupa jalannya Pilketos, agar para siswa memahami dan menghayati jalannya Pemilu. Apalagi di SMKN 1 Kaligondang, banyak pemilih Pemula pada Pilgub Jateng yang kini mulai grengseng,” harap Ratna Palupi.(PI-1)

Keterangan foto: Suasana pemilihan Ketua OSIS di SMKN 1 Kaligondang.