Nota MoU tersebut ditandatangani pada Hari Kamis (24/2/ 2022) di kantor Cabang Semarang United Tractor, Jl. Raya Randugarut No.Km, RW.12, Tugurejo, Kec. Tugu, Kota Semarang, Jawa Tengah 50186. Kerjasama ini di inisiasi pihak SMKN 1 Kaligondang yang telah berkomitmen memajukan pendidikan bangsa khususnya diwilayah Purbalingga dengan memperbanyak kompetensi/ jurusan yang menjalin kerjasama dan menjadi sekolah binaan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Sebagai salah satu kontribusi PT.United Tractors, Tbk terhadap pencapaian sasaran pembangunan berkelanjutan (SDGs), PT.United Tractors, Tbk secara konsisten melaksanakan program Tanggung Jawab Sosial yang bergerak di bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, serta tanggap darurat bencana. Dalam bidang pendidikan, PT.United Tractors, Tbk turut mendukung program Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) melalui program SOBAT (Sekolah Binaan United Tractors) untuk Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan juga Politeknik. SOBAT terdiri dari pengembangan software, hardware, dan brainware bagi peserta didik, guru, dan sarana pendukungnya. Pada bidang kesehatan, Perseroan membentuk Komunitas Siaga Covid yaitu aktivasi komunitas masyarakat binaan di sekitar wilayah operasional (mencakup sekolah, Posyandu dan Posbindu) dalam upaya pencegahan dan penanganan penularan COVID-19.

Branch Operation Head Dicky Firmansyah berkedudukan di Jalan Raya Randu Garut KM. 12 (Tugu) Semarang dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama PT United Tractors Tbk Cabang/Site Semarang menyatakan, peningkatan mutu pendidikan penting dalam menghadapi revolusi 4.0 dalam mempersiapkan daya saing tenagakerja pasar global yang sudah menjadi perhatian khusus pemerintah pusat saat ini.

“Oleh karena itu, untuk mendukung penuh program pemerintah United Tractors melalui program Sekolah Binaan United Tractor (SOBAT) turut ambil bagian dengan menargetkan SMKN1 Kaligondang Purbalingga sebagai sekolah binaan khususnya untuk Kompetensi Teknik Kendaraan Ringan, walaupun agak sedikit berbeda dengan kendaraan berat,”jelasnya.

SOBAT sendiri merupakan program yang digagas United Tractors untuk membantu pendidikan teknik Sekolah Menengah Kejuruan yang bertujuan peningkatan kualitas para murid, guru seraya mempersiapkan transformasi sekolah-sekolah agar dapat bersaing di Industri dan dunia kerja.

Program penting dalam “MoU” ini diantaranya, Pendampingan dan Penguatan Sinkronisasi Kurikulum yang Link and Match dengan dunia usaha/dunia insdustri, pengembangan Teaching Factory, konsep pembelajaran di SMK berbasiskan produksi dan barang atau jasa sesuai standar prosedur dunia industri.

“Lebih dari itu ada juga pendampingan guru dan siswa melalui pelatihan dan pembelajaran di kelas oleh guru tamu dan United Tractors, Praktek Kerja Industri siswa dan magang guru serta uji sertifikasi guru siswa, serta pengembangan dan penguatan sarana dan prasarana penunjang kejuruan teknik alat berat,” tambahnya.

Kepala Sekolah SMKN1 Kaligondang Bapak Trisna Widada, S.Pd dalam sambutannya mengapresiasi dan menyambut baik diadakannya “MoU” ini dengan harapan SDM siswa dan guru SMK N 1 Kaligondang dapat mempersiapkan peserta didik sesuai dengan keingininan dan kebutuhan IDUKA ini khusus jurusan teknik kendaraan ringan sehingga akan tercapai outcome yang banyak terserap IDUKA.

Leave a Comment