Dalam rangka memeriahkan Hari Lahir Pangsar Jendral Sudirman, kegiatan lomba festival Tandu Jendral Sudriman, Sabtu 7 Desember 2019 dilaksanakan. Tema tahun ini adalah Gerilya Pangsar Jendral Sudirman,
Kegiatan ini diikuti oleh 100 peserta dari kategori TNI Polri dan kategori Umum. Smk Negeri 1 Kaligondang mengikutkan 10 siswa dengan pembagian 4 siswa menggotong tandu, 1 siswa duduk di atasnya sebagai Jendral Sudirman dan 5 pengawal sebagai pembawa air minum sekaligus air wudlu. Mereka melewati sungai dan jalan-jalan terjal bak Jendral Sudirman yang sedang bergerilya. Mereka berjalan kurang lebih sejauh 5 km dengan memakan waktu 3 jam yaitu dari pukul 08.00 hingga 11.00 siang. Pada kegiatan ini siswa merasakan perjuangan seperti Jendral Sudirman dahulu meskipun ini belumlah seberapa tapi dalam kegiatan ini siswa berlatih untuk terus maju, pantang menyerah, berani, dan juga kekompakan.

Foto. Beberapa siswa yang mengikuti lomba tandu berhasil menyebrangi sungai.

Sebelum bertanding siswa telah diberi bekal oleh pembina bahwa siswa yang berperan menjadi Jendral Sudirman, “tidak boleh turun dari tandu” kata Pak Ari, S.Pd. Selain peserta yang antusias ada juga warga yang mendukung para peserta dengan memberi mereka minuman, makanan, buah-buahan dan lain-lain saat bertemu di jalan.

Foto. Mereka berjalan sejauh 5 km dengan tandu yang diduduki “Jendral Sudirman”.

Pada kesempatan tersebut tim tandu SMK Negeri 1 Kaligondang berhasil meraih juara 2. “Kejuaraan tersebut setidaknya cukup mengobati lelah para siswa yang telah mempersiapkannya”, kata Pak Warjito, S.Pd. yang juga pembina dan pendamping lomba tandu Smk negeri 1 kaligondang.

Leave a Comment