SMKN 1 Kaligondang Juara 1 LKS se-Jateng

Rois, siswa Klas XII jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kaligondang Purbalingga, meraih juara 1 Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-26 tingkat Jawa Tengah untuk mata lomba Automobile Technology.

Atas kemenangannya itu, Rois berhak mendapatkan uang pembinaan Rp 3 juta, trofi dan piagam serta dalam waktu dekat berhak mewakili Provinsi Jateng dalam lomba yang sama di tingkat nasional di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Lomba tingkat Jateng itu sendiri berlangsung selama tiga hari, Senin-Rabu (27-29/11/2017), diikuti 35 peserta dari berbagai SMK negeri maupun swasta se Jateng.

Juara kedua diraih SMKN 1 Blora dan juara ketiga SMK MUhammadiyah 1 Karanganyar. Bagi Rois, ada kepuasaan dan kebanggaan tersendiri, karena bisa menyisihkan SMK-SMK ternama dari kota besar, seperti SMKN 7 Kota Semarang, SMKN 5 Surakarta, dan SMKN 1 Kota Megelang.

“Terima kasih saya ucapkan kepada kepala SMKN 1 Kaligondang beserta para guru yang telah membimbing saya, sehingga bisa meraih prestasi yang tak saya duga ini,” ujar Rois yang berasal dari Desa Timbang Kecamatan Kejobong Purbalingga ini.

Selama ini, sosok yang getol memotivasi Rois untuk mempersiapkan mengikuti lomba ini adalah Kepala SMKN 1 Kaligondang, F Budi Santosa SPd MSi, guru pembimbingnya, Andre Yulian Akbar SPd, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Arif Romdhon SPd dan urusan bina prestasi, Ratna Palupi SPd serta para guru di Jurusan TKR SMKN 1 Kaligondang.

F Budi Santosa yang dihubungi di SMKN 1 Kaligondang, Kamis (30/11/2017) mengatakan, prestasi kali ini merupakan peningkatan dibanding tahun 2016.

“Pada mata lomba yang sama LKS SMK tahun 2016 lalu, kami meraih peringkat keempat. Dan kali ini, berkat pembinaan yang intensif, kami mampu meraih juara pertama,” ujarnya.

Pihaknya mempersiapkan Rois untuk mengikuti LKS SMK ini selama tiga bulan, terhitung mulai bulan Agustus hingga Oktober ditambah training bersama kalangan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) di Purbalingga. Persiapan yang cukup itu membuat Rois lebih mantap menghadapi kompetisi.

“Walaupun Rois dari desa, namun kompetensi di bidang Automobile Tecnology tidak kalah dengan anak-anak kota,” ujarnya.

Dari lima kompetensi yang diujikan saat lomba, sambung F Budi Santosa, Rois sempurna menguasai kelima bidang kompetensi yang diujikan. Meliputi engine tune up EFI (Electronic Fuel Injection), electrical body, brake system, manual transmisi dan engine mechanical.

Juara Akuntansi

Sementara itu, Astia Wulandari, siswi Klas XII AK-4 keluar sebagai juara pertama dalam ajang Accounting Competition yang digelar oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto, di kampus UMP Dukuh Waluh, Sabtu (25/11/2017). Dia berhak mendapatkan trofi Rektor UMP, piagam dan uang pembinaan Rp 2,5 juta.

Kompetisi itu dikuti 99 peserta dari berbagai SMK. Juara kedua diraih SMK YPE Sampang Cilacap dan juara ketiga SMKN 1 Sigaluh Banjarnegara.

Saat ini,SMKN 1 Kaligondang memiliki 1.724 siswa, tersebar ke dalam tujuh bidang keahlian terdiri Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Permesinan (TP), ,Teknik Sepeda Motor (TSM), Teknik Persiapan Grafika (TPG), Teknik Pengelasan (T Las), Akuntansi (AK) serta Multimedia atau MM. (sol)