SMKN 1 Kaligondang Menjadi Pusat Belajar Program Keahlian Ganda Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melakukan penataan dan pemenuhan guru produktif di SMK untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan vokasi serta pendidikan dan pelatihan keterampilan kerja. Melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kemendikbud mengambil langkah strategis pada tahun 2016, yaitu dengan merancang Program Keahlian Ganda, yang sebelumnya dikenal dengan Program Alih Fungsi Guru.

Saat ini Kementrian Pendidikan memerlukan sekitar 91-ribu guru SMK untuk bidang-bidang yang menjadi prioritas, yaitu maritim atau kelautan, pertanian dan ketahanan pangan, pariwisata, industri kreatif, serta teknologi dan rekayasa.

Dalam Program Keahlian Ganda, seorang guru SMA/SMK bisa memiliki dua sertifikasi, yaitu Sertifikasi Pendidik dan Sertifikasi Keahlian. Dengan begitu, guru SMA/SMK yang telah memiliki sertifikasi keahlian diharapkan dapat memenuhi kekurangan guru produktif di SMK.

Untuk mendapatkan sertifikat keahlian Ganda sebagai guru produktif program keahlian ganda akan berlangsung selama 12 bulan melalui empat tahap dengan tahap ON dan IN. “Untuk tahap ON itu, peserta belajar mandiri di sekolah asalnya, dan diberikan modul dan pendampingan. Sedangkan untuk tahap IN ada di industri dan Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (P4TK)

SMK Negeri Kaligondang di tunjuk oleh Pusat Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) Bidang Otomotif dan Elektornika sebagai salah satu Pusat Belajar Program Keahlian Ganda Paket Keahlian Teknik Kendaraan ringan yang pelaksanaanya mulai tanggal 15 Maret 2017 samapai dengan 13 Mei 2017 yang di ikuti oleh 16 peserta yaitu guru smk dari luar kabupaten diantaranya dari Kabupaten Seragen, Demak, Kudus, Pemalang, Jepara, Temanggung dan Kota Semarang

Pembukaan Program Keahlian Ganda di laksanakan pada hari Rabu tanggal 15 Maret 2017 oleh Bapak F. Budi Santoso, S.Pd, M.Si selaku kepala SMK Negeri 1 Kaligondang dalam pidato sambutannya beliau menyampaikan selamat datang di SMK N 1 Kaligondang dan berpesan supaya para peserta menjalankan Program Keahlian Ganda dengan penuh semangat dan sungguh-sungguh agar program yang telah di luncurkan pemerintah menjadi program yang bermanfaat bagi guru dan dunia pendidikan indonesia sehingga tujuan di adakan program ini tercapai.

Progaram Keahlian Ganda Paket Keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang di adakan di Pusat Belajar SMK Negeri 1 Kaligondang di Instrukturi oleh guru Produktif Teknik Kendaraan Ringan di antaranya Bapak Suwardi, S.Pd, Anugrah Didiksucitra, S.Pd dan Karyanto, S.Pd.