Jumat 16 Agustus, Dilatarbelakangi dari program sekolah rujukan yaitu PPK (penguatan Pendidikan Karakter) salah satu yang dikembangkan adalah dengan menerapkan 5 R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, dan Rajin) maka SMK Negeri 1 Kaligondang mengundang semua guru serta staf karyawan untuk hadir di Teknopark. Pemateri bernama M Ali Shodikin. Semua guru serta staf karyawan diminta agar bisa lebih memilah antara barang-branga yang masih dipakai dengan barang yang tidak dipakai. Hal ini menciptakan lingkungan ringkas. Selanjutnya barang-barang tersebut diberi pelabelan atau pemberian nama dan disimpan dengan rapi, agar mudah dicari tentunya. “Selain barang-brang pribadi milik guru dan staf, pemberian tanda atau pelabelan di lingkungan sekolah juga penting” katanya. “Seperti pemberian label pada saklar (MATIKAN LAMPU JIKA TIDAK DIGUNAKAN, pelabelan sampah organik dan sampah anorganik pada tempat sampah hingga pemberian label pada pintu kaca (Dorong atau Tarik). Hal ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang memenuhi 5 R.
Selain itu, kegiatan ini diharapkan mampu mendukung terciptanya tingkat kondusifitas pembelajaran di sekolah. Contohnya jumlah proyektor yang dimiliki sekolah menjadi terdata, guru dapat mengembalikan proyektor yang dipinjaminya sesuai tempatnya kembali. Dengan begitu mampu mendukung kegiatan pembelajaran.
Tidak dapat dipungkiri pula, masih terdapat keabnormalan yang ditemui. Guru dan staf karyawan diajak pula untuk berkeliling mencari keabnormalan hingga nantinya hal tersebut bisa dibenahi.
Tentunya kegiatan 5R ini tidak hanya berguna di lingkungan sekolah melainkan di lingkungan dimana kita tinggal. “Kita harus bisa menerapkan 5R.” Kata narasumber.

Leave a Comment