Salah satu pemateri sedang menyampaikan materinya.

Selama lima hari, 11 Oktober – 13 Oktober dan 20 Oktober- 21 Oktober, guru di SMK Negeri 1 Kaligondang melangsungkan pendidikan dan latihan pembuatan konten kreatif pembelajaran. Kegiatan yang dipanitiai oleh SDM ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru di SMK Negeri 1 Kaligondang dalam membuat pembelajaran yang kreatif di masa pandemi.

Selama lima hari, Guru di SMK Negeri 1 Kaligondang mengikuti Diklat Pembuatan Konten Pembelajaran Kreatif

Bertempat di 5 lab yang ada, 90 guru menerima materi Rekam Layar, Editng Video, Google Meet, Youtube, dan Canva. Materi Rekam Layar dibimbing oleh Ibu Tri Nugroho, S,Kom, peserta mempelajari cara merekam layar PPT yang akan dipresentasikan kepada siswa. Yudhi Fiansyah, S.Kom juga mengampu materi Editng Video menggunakan aplikasi Filmora. Peserta diminta untuk membuat video pembelajaran lalu mengeditnya di filmora. Google Meet yang diampu Bapak Mahful Hidayat, M.Pd., guru sebagai peserta mempraktikan cara mengoperasikan google meet. Selanjutnya, Yen Hestu Musyarofah, S.Pd. mengampu YouTube, peserta mempelajari bagaimana cara membuat channel Youtube dan mengupload video. Dan yang terakhir, Ibu Muginah, S.Pd. yang mengampu materi dengan aplikasi Canva.
“Waktu untuk pelatihan diperpanjang.” Kata Cahyo Nugroho, S.Pd. sebagai peserta dari kelompok 1 yang merasa kurang dengan waktu pelatihan yang hanya tiga jam yaitu dimulai pukul 12.30 WIB hingga 15.30 WIB.
Dalam sambutannya, Maful Hidayat, M.Pd.I selaku staf khusus SDM berharap semoga kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan guru sehingga mampu bersaing dengan guru-guru milenial lainnya.

Leave a Comment