Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari 4 hingga 6 November di gedung Teknopark SMK Negeri 1 Kaligondang ini selaras dengan visi dan misi pemerintah untuk menumbuhan dan meningkatkan perekonomian nasional melalui peningkatan jumlah wirausaha. Berbagai lembaga pendidikan telah meluncurkan berbagai program kewirausahaan. SMK N 1 Kaligondang juga merupakan sekolah yang menerapkan program kewirausahaan bagi peserta didik. Saat ini kewirausahaan sudah menjadi salah satu program nasional yang penting.

Peserta Workshop Pemasaran Produk

Pelatihan dibuka oleh Bapak kepala SMK Negeri 1 Kaligondang yaitu Bapak Maryono, S.Pd., M.Si. menyampaikan guru harus memiliki ide dan gagasan yang lebih baik. Guru harus mampu menerapkan mindset kepada peserta didik bahwa berwirausaha itu sangat penting serta menerapkan jiwa kewirausahan.
Pemaparan

Pada hakekatnya potensi dan bakat wirausaha ada pada setiap setiap peserta didik namun tidak banyak yang mampu menggali dan memanfatkan bakat tersebut untuk meraih sukses. Pelatihan dan Workshop Pemasaran Produk Kewirausahaan ini bertujuan untuk membentuk karakter dan menambah wawasan bagi guru pengampu mata pelajaran produk kreatif kewirausahaan agar memiliki wawasan terkait pemasaran produk kewirausahaan di era digital. Selain itu wawasan guru juga bermanfaat untuk membekali diri dalam mendidik sehingga peserta didik mampu memanfaatkan peluang yang ada dalam menciptakan usaha sendiri saat sekolah maupun setelah lulus. Sehingga pada akhirnya lulusan SMK N 1 Kaligondang tidak hanya menjadi pencari kerja tetapi bisa menjadi pencipta lapangan kerja, oleh karena itu dirasa perlu untuk meningkatkan kemampuan guru melalui Pelatihan dan Workshop Pemasaran Produk Kewirausahaan.
Pelatihan dan Workshop Pemasaran Produk Kewirausahaan ini bertujuan untuk:
a.Memahami Mindset Digital Marketing
b.Mengenal Riset Produk & Riset Keyword
c.Membuat Product Knowladge
d.Membuat Master Konten
e.Membuat Konten Foto / Gambar
f.Membuat Konten Video
g.Membuat Konten Artikel & PPT
h.Mempraktekkan Google My Business dalam pemasaran produk
i.Mempraktekkan Media Sosial (IG & Fb) dalam pemasaran produk
j.Mempraktekkan Youtube Marketing dalam pemasaran produk
k.Mempraktekkan Website (blogspot) dalam pemasaran produk
Selain tujuan di atas adapun manfaat dari kegiatan Pelatihan dan Workshop Pemasaran Produk Kewirausahaan ini adalah:
a.Meningkatkan kompetensi guru pada bidang Pemasaran Produk Kewirausahaan.
b.Mampu memasarkan produk kreatif kewirausahaan di berbagai e-commerce dan sosial media
c.Mampu menganalisis dan mengimplementasikan elemen-elemen kunci dalam pengembangan wirausaha
Foto Bersama

Dengan adanya Pelatihan dan Workshop Pemasaran Produk Kewirausahaan ini guru pengampu mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK N 1 Kaligondang telah mendapatkan bekal dan ilmu yang cukup dalam memberikan bimbingan pada peserta didik. Pengetahuan ini disesuaikan dengan dunia pemasaran yang serba digital. Kemajuan teknologi dan perkembangan zaman harus selalu diikuti dan diambil sisi positifnya dalam pembelajaran sehingga peserta didik juga memiliki wawasan yang luas dan up to date.

Leave a Comment