A. SEJARAH JURUSAN

Program keahlian Kuliner berdiri pada tahun 2020 dengan kompetensi keahlian Tata Boga. Pada awal berdiri, kompetensi keahlian tata boga membuka 1 (satu) rombongan belajar dengan daya tampung sejumlah 36 peserta didik.
Visi dari program kehalian tata boga adalah menjadi program kehalian yang unggul kompetitif, menghasilkan lulusan yang mandiri dan berjiwa wirausaha dalam bidang pariwisata (Tata Boga) sesuai dengan tuntutan dunia usaha dan dunia industri.
Dengan adanya laboratorium tata boga yang memenuhi standar dan peralatan yang memadai, serta ruang bagi peserta didik untuk kreatif adan inovatif.
Misi
1. Menyiapkan sumber daya manusia yang produktif.
2. Mendidik dan melatih peserta didik supaya memiliki sikap yang baik dalam mengolah makanan.
3. Mendidik dan melatih peserta didik menjadi manusia yang terampil dan dapat mengembangkan diri dalam bidang pengolahan makanan.
4. Meningkatkan kualitas tamatan yang sesuai standar kompetensi nasional.
5. Mempersiapkan tenaga kerja terampil di bidang kepariwisataan (Tata Boga).
6. Membekali siswa dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar berkeompeten dan mampu bersaing di dunia kerja.
Tujuan
Tujuan Program Keahlian Tata Boga adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
1. Menyiapkan, mengolah dan menyajikan masakan Indonesia
2. Menyiapkan dan membuat produk cake dan kue Indonesia
3. Menyiapkan dan membuat produk pastry dan bakery
4. Mengelola usaha boga
5. Memahami bidang industri pariwisata.

B. KEUNGGULAN JURUSAN TATA BOGA

Salah satu kompetensi keahlian SMK yang peminatnya kian banyak adalah kompetensi keahlian tata boga. Kompetensi keahlian tata boga masuk dalam program keahlian kuliner pada bidang keahlian pariwisata. Seiring dengan industri pariwisata yang terus bertumbuh seperti saat ini, jurusan tata boga menjadi salah satu pilihan untuk menghadapinya. Lulusan SMK kompetensi keahlian tata boga dapat mengisi pasar industri pariwisata khususnya bidang kuliner yang semakin luas. Selain itu jurusan tata boga dapat memberikan kontribusi dalam bidang ekonomi kreatif dengan membuka usaha sendiri berbasis kuliner. Prospek lulusan jurusan tata boga relatif luas, dapat bekerja dalam bidang industri perhotelan, rumah sakit, restoran dan katering serta dapat berwirausaha sendiri di bidang kuliner. Selain itu, lulusan SMK jurusan tata boga bisa melanjutkan pendidikannya melalui kampus-kampus baik negeri maupun swasta yang membuka jurusan tata boga. Beberapa universitas yang membuka jurusan pendidikan tata boga adalah Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Jakarta, atau Universitas Negeri Surabaya.

C. GALERI BOGA