Mencari ilmu adalah kebutuhan, hal tersebut harus tertanam pada diri kamu sebagai siswa agar dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan sungguh-sungguh. Selain itu kendala yang dihadapi seperti rasa malas dan lebih suka bermain menjadi masalah yang harus segera kamu cari solusinya. Berikut tips yang dapat kamu lakukan agar dapat mengikuti pembelajaran daring dengan sungguh-sungguh.
1. Tanamkan motivasi yang kuat pada diri
Pembelajaran tatap muka saja berat, apalagi pembelajaran secara daring, mungkin sebagian dari kamu berpikir demikian. Namun, ingatlah selalu akan mimpi dan cita-citamu yang harus kamu kejar. Yups, kamu harus bermimpi terlebih dahulu. Tidak sulit untuk bermimpi bukan? Orang bijak berkata bahwa masa depan adalah milik mereka yang menyiapkannya hari ini.
2. Kondisikan tempat belajar yang nyaman
Nah, agar belajar lebih nyaman, cobalah cari tempat dan kondisikan tempat tersebut menjadi tempat favorit belajarmu. Kamu nyaman belajar di kamarmu? lakukanlah, buat kamarmu menjadi tempat ternyaman. Kamu nyaman belajar di atas pohon sambil menikmati silirnya angin? Jika kamu mampu, lakukanlah, tapi berhati-hatilah!
3. Buatlah jadwal harian
Di sini kamu harus mempunyai waktu yang tepat dan nyaman untuk belajar. Jangan sampai kamu tidak punya waktu belajar, bisa-bisa tugasmu menumpuk dan bayangan gurumu terus menghantuimu.
4. Jangan malu bertanya
Jika ada yang belum kamu pahami, bertanyalah pada gurumu. Bertanyalah dengan sopan, meski kedekatanmu dengan guru seperti teman, jangan abaikan sopan santun terhadap gurumu ya. Ssssttt… diam-diam gurumu akan bangga padamu lho, jika kamu mampu bertanya dengan sopan. Namun sebelum kamu bertanya, pastikan kamu sudah membaca materinya terlebih dahulu.
5. Tetap menjaga kesehatan selama belajar
Bagaimana bisa kamu belajar kalau kamu sakit, bukan? Jadi tetaplah jaga kesehatan dengan rajin berolahraga, makan bergizi, dan istirahat yang cukup ya.
Nah demikian tips yang bisa kamu lakukan. Selamat mencoba!

Leave a Comment