A. SEJARAH

Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) adalah kompetensi keahlian pada Bidang Studi Keahlian Teknologi dan Rekayasa Program Keahlian Teknik Otomotif yang menekankan pada keterampilan dan pelayanan jasa mekanik kendaraan roda empat. Kompetensi Keahlian ini dikembangkan dalam rangka mengadaptasi pasar otomotif yang ada di Indonesia.
Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO) yang berdiri pada 18 September 2004 ini, memiliki beberapa target. Adapun target dari program keahlian TKRO bagi peserta didik dan lulusannya adalah terwujudnya sumber daya manusia yang berakhlak mulia, enterpreneurship, peduli lingkungan dan berwawasan global. Sehingga peserta didik memiliki kompetensi serta mampu dan kompetitif dalam mengarungi dunia usaha dan dunia industri.

Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen – komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.

B. TUJUAN
Tujuan Kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kaligondang yaitu membekali peserta didik dengan pengetahuan, sikap, prilaku dan ketrampilan agar kompeten dalam :

1) Bidang kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan yang diberikan, sehingga mampu mengembangkan dan mengaplikasikan dalam pekerjaanya secara mandiri dan dapat mengisi lowongan pekerjaan yang ada di dunia usaha dan dunia industry sebagai tenaga kerja tingkat menengah yang handal.
2) Memiliki karakter, mampu berkompetisi dan mengembangkan sikap professional dalam kompetensi keahlianTeknik Kendaraan Ringan.
3) Menciptakan Lapangan Kerja sendiri atau bewirausaha dalam bidang kompetensi keahlian teknik Kendaraan Ringan.
4) Melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi sesuai kompetensi yang dimiliki
5) Lulusan kompetensi keahlian Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Kaligondang membekali dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam perawatan dan perbaikan motor otomotif, Perawatan dan perbaikan system pemindah tenaga otomotif, Perawatan dan perbaikan chasis dan suspense otomotif, Perawatan dan perbaikan system kelistrikan otomotif serta dibekali kemampuan dalam berwirausaha sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat, dunia industry.

C. KEUNGGULAN
a. Memiliki tenaga pengajar lulusan S1 yang profesional
b. Memiliki bengkel yang luas, dilengkapi dengan alat yang lengkap
c. Memiliki ruang teori yang representatif
d. Memiliki Tempat Uji Kompetensi (TUK) bekerja sama dengan LSP P1 maupun LSP P3
e. Memfasilitasi siswa untuk mengikuti uji kompetensi sesuai dengan KKNI Level II pada Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif dan mendapat sertifikat dari BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi)
f. Memiliki Unit Produksi stir mobil.
g. Bekerjasama dengan DU/DI ternama.

D. GALERI TKRO

Siswa sedang praktik
Siswa sedang mempelajari mesin mobil
Beberapa mobil praktik dari jurusan TKRO
 

Leave a Comment