Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan siswa/siswi SMK, SMK Negeri 1 Kaligondang mengadakan Kunjungan Industri atau disingkat KI ke sejumlah perusahaan di Bandung Jawa Barat pada tanggal 2 – 5 Agustus 2022. Kunjungan Industri merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh SMK Negeri 1 Kaligondang setiap tahunnya. Adapun tujuan dari Kunjungan Industri yaitu untuk memperluas pengetahuan dan pengalaman siswa tentang dunia kerja serta memberikan gambaran tentang industri yang telah dikunjungi.

Industri yang dipilih untuk dikunjungi merupakan perusahaan-perusahaan yang berkaitan dengan masing-masing Bidang Keahlian di SMK Negeri 1 Kaligondang. Setiap jurusan mengunjungi tempat-tempat yang memang relevan dengan bidang keahliannya. Hal ini dilakukan agar menjadi contoh atau gambaran pekerjaan yang akan digeluti oleh siswa atau peserta didik selepas lulus dari SMK Negeri 1 Kaligondang.

Tempat Tujuan Kunjungan Industri :

Multimedia : TVRI Bandung

Akutansi : OJK Bandung

Teknik Permesinan : PT Japa & PT Dirgantara Indonesia

Teknik Las : Komatsu / Pt. Japa

TKR/TKRO : Auto 2000 Bandung & Body Repair

Tata Boga  : Pabrik Tahu Susu

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor : PT. Yamaha Flagship Bandung

Design Grafis : Mutif Corp / Fablab Bandung / Mizan Pustaka

Kunjungan Industri ini juga akan menunjukan tentang banyak hal yang ada dalam lapangan kerja agar murid atau siswa tidak kaget atau terbiasa menerima pekerjaan atau bekerja dengan sesuai keahlian. Kunjungan industri ini juga bertujuan untuk melatih mental siswa-siswi agar mereka bisa bekerja dengan situasi dan kondisi apapun.

 

Posted by M.W.S.

Leave a Comment