Etika makan yang umum diterapkan saat acara jamuan resmi/formal atau yang biasa disebut sebagai table manner merupakan pengetahuan atau keterampilan dasar yang wajib dimiliki oleh siswa Jurusan Kuliner (Tata Boga) SMK Negeri 1 Kaligondang.

Pembelajaran di DUDI (Dunia Usaha Dunia Industri) merupakan hal yang penting dalam rangka menambah pengalaman dan meningkatkan kompetensi siswa  di bidangnya. Kompetensi siswa yang sudah diperoleh di sekolah baik yang bersifat teori maupun praktik perlu dimatangkan dengan kegiatan yang nyata di lapangan yaitu DUDI terkait. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan siswa jurusan Kuliner (Tata Boga) SMK Negeri 1 Kaligondang adalah table manner pada tanggal 1 September 2022 di Hotel Aston Imperium Purwokerto.

Kegiatan tersebut merujuk pada materi dalam mata pelajaran Tata Hidang, yaitu pelayanan makanan dan minuman. Pada acara pertemuan atau rapat biasanya terdapat jamuan makan, sehingga perlu adanya pelatihan table manner agar siswa/i kompetensi keahlian Tata Boga mampu menerapkan tata cara pelayanan makanan dan minuman terhadap tamu.

Melalui kegiatan tersebut, siswa Jurusan Kuliner (Tata Boga) SMK Negeri 1 Kaligondang dapat belajar melalui pengalaman langsung dari dunia industri, sehingga diharapkan memiliki pemahaman yang lebih baik dan dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata serta pada ruang lingkup yang lebih luas untuk meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan dalam bersosialisasi, serta dapat menunjang kesuksesan mereka ke depannya.

Pelaksanaan kegiatan table manner di Hotel Aston Imperium Purwokerto berjalan lancar dan siswa dengan antusias mengikuti setiap materi yang diberikan. Folow up atau tindak lanjut dari kegiatan ini adalah penerapan dalam kehidupan sehari-hari maupun di dunia kerja nantinya.

 

Posted by MWS

Leave a Comment