Pilketos 2023-2024 SMK N 1 Kaligondang

Sebanyak 1968 warga SMKN 1 kaligondang memeriahkan perhelatan akbar pemilihan umum ketua osis untuk periode tahun 2023/2024 pada hari Senin, 06 November 2023. Kegiatan yang dimotori oleh MPK ini menggunakan system kombinasi klasik dan modern yang menjawab tantangan era digital. Pasalnya pemilihan umum yang biasanya diselenggarakan dengan mencoblos, diganti dengan menggunakan system berbasis online tanpa mengurangi rangkaian kegiatan lainnya. Seluruh warga SMK secara langsung dapat menyampaikan hak suaranya melalui sistem terintegrasi bernama sistem e-vote https://pilketos.smkn1kaligondang.sch.id/. Pengembangan sistem yang adaptif dan responsif sangat mendukung kelancaran dan kesuksesan Pilketos di lingkungan SMKN 1 Kaligondang. System ini juga mencegah tingginya suara tidak sah/golput karena setiap pemilih secara otomatis terekap by name and by class.

                Penyelenggaraan pemilihan ketua osis, selanjutnya disebut pilketos ini secara tidak langsung mengenalkan siswa pada system pemilihan umum di masyarakat. Sehingga para pemilih pemula tidak lagi asing dengan pemilu yang berjalan di tengah masyarakat. Selain itu tujuan langsung pilketos ini untuk menentukan pasangan yang akan menjadi ketua osis dan wakil ketua osis Angkatan XV di SMKN 1 Kaligondang secara Luber Jurdil.

                Pilketos kali ini kembali menyajikan dua pasangan calon. Dalam hal ini MPK telah melakukan serangkaian kegiatan yang dimulai dari bulan agustus sampai dengan ditetapkan 2 paslon yang layak. Proses Panjang itu didahului dengan seleksi kelayakan calon ketua dari puluhan anggota osis Angkatan XV. Dari proses ini didapatkan 7 orang yang memenuhi indicator wawasan keorgnisasian dan kepemimpinan. Selanjutnya dari 7 orang tersebut, dilakukan fit and proper test , observasi, dan wawancara sehingga diperoleh 2 pasangan calon yang setara. Pasangan calon tersebut kemudian disahkan oleh MPK dan maju sebagai kandidat Calon Ketua dan Wakil Ketua Osis Angkatan XV.

                Pasangan calon yang telah di sahkan kemudian diwajibkan melakoni berbagai tahapan pemilihan ketua osis, dimulai dari orasi di depan seluruh warga sekolah, debat antar paslon, sampai akhirnya pemilu digelar. Serangkaian kegiatan ini berfungsi mengenalkan Visi-Misi yang dicanangkan masing-masing paslon, serta membuat warga sekolah mengenal lebih jauh kemampuan masing-masing paslon.

                Setelah digelar pemilu raya, didapatkan hasil bahwa Paslon 1 yaitu Asbi Firmasnyah (XI AKL 3) dan Ajeng Wulandari (XI AKL 2) memperoleh suara sebanyak 56% dan Paslon 2 yaitu Andhiska Leovi Anabil (XI TKRO 2) dan Dina Safira (XI AKL 1) memperoleh suara sebanyak 44%. Perolehan suara itu menunjukkan bahwa Paslon 1 terpilih sebagai pasangan ketua dan wakil ketua osis Angkatan XV periode tahun 2023/2024. Pasca menang dalam perolehan suara, paslon 1 nantinya akan dilantik oleh MPK dan diteruskan dengan upacara serah terima jabatan dari Angkatan sebelumnya.

Bagikan :

Artikel Lainnya

Rekrutmen Calon Tenaga Kerja PT ...
Pada Kamis, 29 Februari 2024 telah dilaksanakan rekrutmen calo...
Pembekalan PT Musashi di SMK N 1...
(BKK News) – BKK SMK Negeri 1 Kaligondang pada Selasa, 2...
Mempersiapkan Generasi Muda di E...
Purbalingga, 26 Januari 2024, bertempat di gedung Teknopark SM...
Sasar Kalangan Pelajar, Polsek K...
Senin, 8 Januari 2024, bertempat di lapangan SMK N 1 Kaligonda...
SMK N 1 Kaligondang hadirkan Wik...
Jumat, 5 Januari 2024, SMK N 1 Kaligondang menghelat In House ...
Praktisi Dunia Industri Mengajar...
Praktisi Dunia Industri Mengajar di SMK Negeri 1 Kaligondang h...

Hubungi kami di : 0281651196

Kirim email ke kamismkn1kaligondangpbg@gmail.com

Download App Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman