A. SEJARAH
Keahlian Multimedia SMK Negeri 1 Kaligondang, berdiri sejak tahun 2014. Keahlian Multimedia sudah meluluskan 4 angkatan, secara khusus memiliki sasaran untuk menyiapkan siswa agar mampu menguasai keterampilan dalam penggunaan perangkat lunak Multimedia.
Kelas terdiri dari 2 Rombongan Belajar (Rombel) yaitu MM1 dan MM2. Masing masing kelas terdiri dari 35 siswa. Fasilitas jurusan terdiri dari 3 ruang laboratorium komputer, fasilitas terdiri komputer di setiap lab untuk perakitan komputer, instalasi OS, praktek jaringan komputer, pemrograman dasar, editing grafis, editing video dan pembuatan animasi. Selain komputer juga didukung perlengkapan videografi dan photografi (kamera, tata cahaya, tripod, microphone, dan lain-lain).
B. TUJUAN
Tujuan kompetensi keahlian Multimedia adalah membekali peserta didik dengan ketrampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten :
a. Mengembangkan citra dan animasi digital
b. Mengembangkan halaman web interaktif
c. Merekam dan menyunting audio-video
d. Mengembangkan aplikasi multimedia interaktif
e. Kompetensi Keahlian Multimedia secara umum mengacu pada isi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu.
Secara khusus tujuan Program Keahlian multimedia adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:
a. mengoperasikan software dan periferal digital illustration, digital imaging, dan web design.
b. mengoperasikan software dan periferal multimedia, presentation,2D animation, dan 3D animation.
c. mengoperasikan software dan periferal digital audio , digital video, dan visual effects.
C. PROFIL KOMPETENSI LULUSAN
Profil kompetensi lulusan SMK Program Multimedia terdiri dari kompetensi umum dan kompetensi kejuruan, yang masing-masing telah memuat kompetensi kunci. Kompetensi umum mengacu pada tujuan pendidikan nasional dan kecakapan hidup generik, sedangkan kompetensi kejuruan mengacu pada SKKNI.
Operator WEB :
Mengoperasikan Pereferal Grafis
Melakukan entry data (grafis) dengan image scanner (level 1)
Mengoperasikan software pengolah gambar vektor
Menoperasikan software pengolah gambar raster
Mengoperasikan pereferal WEB
Melakukan entry data (web) dengan image scanner (level 2)
Mengoperasikan software web design
Menoperasikan softare animasi 2 D
Mengoperasikan software FTP
Operator Multimedia Madya
Menoperasikan pereferal Multimedia
Melakukan entry data (multimedia) dengan image scanner (level 2 )
Mengoperasikan software multimedia
Mengoperasikan software persentase (level 2)
Mengoperasikan pereferal animasi 3D
Mengoperasikan softare basic 3D animation (level 1)
Mengoperasikan softare model 3D animation (level 2)
Operator Multimedia unggul
Mengoperasikan Pereferal perekam suara
Mengoperasikan Pereferal perekam gambar
Mengoperasikan Software digital Audio
Mengoperasikan software digital Video
Mengoperasikan software Visual Effect
RUANG LINGKUP PEKERJAAN
Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Multimedia adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensi yang tertuang di dalam tabel SKKNI Bidang Teknologi Infomatika pada jenjang SMK antara lain adalah:
Pengembang WEB (web development)
Pengembang Multimedia (multimedia development)
Pengembang Permainan (game development)
Rumah produksi sinema dan film (production house)
Industri media dan periklanan (media and advertisement)
D. Galeri MM