SMK N 1 Kaligondang Dipercaya Jalankan Program Konversi Sepeda Motor Listrik Pemkab Purbalingga

SMK Negeri 1 Kaligondang mendapat kepercayaan menjadi tempat pelatihan program konversi sepeda motor BBM ke listrik.

SMK Negeri Kaligondang mendapat kepercayaan menjadi tempat pelatihan program konversi dari sepeda motor berbahan bakar minyak ke listrik. Kelengkapan fasilitas sekolah menjadi alasan Pemkab Purbalingga memilih SMK Negeri Kaligondang sebagai mitra strategis program konversi sepeda motor BBM ke listrik.

“Setelah melalui survei kelayakan, SMK Negeri 1 Kaligondang dinilai mampu untuk menjadi pusat konversi listrik se-Jawa Tengah,” kata Suwardi, Kepala Bagian Humas SMK Negeri Kaligondang, Rabu 17 Mei 2023.

Dengan penunjukkan ini, maka SMK Negeri 1 Kaligondang menjadi satu-satunya sekolah negeri yang memiliki legalitas untuk mengonversi sepeda motor BBM ke listrik.

Program ini rencananya tidak berhenti pada konversi mesin BBM ke listrik saja, namun juga ekosistem motor listrik seperi dokumen legalitas hingga produksi suku cadang sepeda motor listrik.

“Kendaraan sepeda motor dinas akan dikonversi menjadi motor listrik hingga legalitas seperti BPKB, serta plat merah menjadi plat biru. Memungkinkan juga motor-motor yang berasal dari luar daerah datang ke Purbalingga untuk mengonversi menjadi motor listrik,” ujar dia.

Tahap awal program konversi sepeda motor BBM ke listrik dimulai dengan pelatihan teknis di SMK Negeri 1 Kaligondang selama lima hari, dari tanggal 20 hingga 24 Mei 2023. Tim pelatih langsung dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Sabtu 20 Mei 2023 akan dilaksanakan opening kegiatan pelatihan konversi. Selanjutnya selama lima hari berikutnya akan dilaksanakan pelatihan konversi untuk praktisi-praktisi bengkel di Jateng dan beberapa SMK,” katanya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Purbalingga, Johan Arifin, mengatakan peserta pelatihan berjumlah 20 orang. Sebanyak 10 orang dari Purbalingga dan 10 sisanya dari luar Purbalingga.

“Peserta adalah pelaku usaha yang telah memiliki usaha bengkel motor dan potensial untuk menjadi bengkel konversi yang bersertifikasi, sudah memiliki NIB, lokasi bengkel, alat, dan tenaga mekanik,” ujar Johan, Rabu 17 Mei 2023.

Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikat kompetensi, mereka secara mandiri bisa mengkonversi kendaraan BBM ke listrik berbasis baterei sesuai permintaan pelanggan.

Sumber Redaksi : https://purwokerto.suara.com/read/2023/05/17/135709/smkn-kaligondang-dipercaya-jalankan-program-konversi-sepeda-motor-listrik-pemkab-purbalingga

Bagikan :

Artikel Lainnya

Rekrutmen Calon Tenaga Kerja PT ...
Pada Kamis, 29 Februari 2024 telah dilaksanakan rekrutmen calo...
Pembekalan PT Musashi di SMK N 1...
(BKK News) – BKK SMK Negeri 1 Kaligondang pada Selasa, 2...
Mempersiapkan Generasi Muda di E...
Purbalingga, 26 Januari 2024, bertempat di gedung Teknopark SM...
Sasar Kalangan Pelajar, Polsek K...
Senin, 8 Januari 2024, bertempat di lapangan SMK N 1 Kaligonda...
SMK N 1 Kaligondang hadirkan Wik...
Jumat, 5 Januari 2024, SMK N 1 Kaligondang menghelat In House ...
Praktisi Dunia Industri Mengajar...
Praktisi Dunia Industri Mengajar di SMK Negeri 1 Kaligondang h...

Download App Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman