SMK N 1 Kaligondang Sabet 2 Juara di Raimuna Cabang Purbalingga

Ambalan SMKN 1 Kaligondang berhasil menyabet 2 juara pada kegiatan Raimuna Cabang VI Kabupaten Purbalingga yang dilaksanakan tanggal 21 – 25 Desember 2022. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Purbalingga ini diikuti oleh seluruh perwakilan dari anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Kwarcab Purbalingga dengan total 496 peserta. Peserta terbagi menjadi 62 sangga daru 28 Gugus Depan dan 6 Dewan Kerja Ranting di Purbalingga. Kegiatan bertempat di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Munjuluhur Kabupaten Purbalingga.

Gerakan Pramuka merupakan wadah pembinaan generasi muda guna membentuk karakter positif (character building). Kegiatan Pramuka sedapat mungkin menarik, menyenangkan, sesuai dengan tingkatan peserta didik dan mengandung unsur pendidikan. Salah satu kegiatan yang diperlukan dalam pembinaan peserta didik adalah kegiatan ”Raimuna Cabang VI (RAICAB VI) Tahun 2022”. Melalui kegiatan tersebut peserta didik dapat melaksanakan proses adaptasi dan mengembangkan sifat – sifat Pramuka yang berdasarkan Tri Satya dan Dasa Dharma.

Dengan diadakanya kegiatan ini yang diselenggarkan oleh Dewan Kerja Cabang Purbalingga makan dari iru kami Ambalan Bimasakti A.XIII dan Ambalan Drupadi A.I  bermaksud mengikuti kegiatan ”Raimuna Cabang VI (RAICAB VI) Tahun 2022”.

Pada Raimuna Cabang VI Purbalingga Tahun 2022 Ada 3 cabang yang dilombakan yaitu : Cabang Sendratasik, Cabang Kebersihan, Keindahan, Kelengkapan (K3) dan Cabang Lomba Cerdas Tangkas Pramuka (LCTP).

Menurut Sugeng Purnomo, S.T selaku pembina yang turut mendampingi kegiatan tersebut mengatakan bahwa dari 3 cabang yang dilombakan pangkalannya berhasil meraih 2 Juara.

“Alhamdulillah sangat bersyukur berhasil meraih 2 juara, yakni Juara 1 Cabang Sendratasik dan Juara 2 Cabang K3 Putra. Tidak menyangka target hanya satu piala namun alhamdulillah mampu membawa 2 piala,” terangnya saat dikonfirmasi, Minggu, (25/12/2022).

Sementara itu Sutarko, S.Pd selaku Pembina Upacara mewakili Kak Kwarcab saat penutupan, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua pihak atas terselenggarnya kegiatan ini. Bahwa Kegiatan ini merupakan wahana edukasi yang bertujuan untuk mewujudkan ikatan persatuan, persaudaraan dan kebersamaan. tempat bertemunya adik-adik penengak sebagai wahana menggali memperkuat memperkokoh persatuan dan kesatuan.

“Raimuna sebagai wahana edukasi untuk memperkuat persatuan dan kesatuan, dan agar apa yang telah didapat selama mengikuti kegiatan ini untuk bisa diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari baik di Gugus Depan maupuan di masyarakat,” tuturnya.

Di tempat yang sama Hardika Rizki Setiawan kelas XII TKRO salah satu peserta putra dari pangkalan SMKN 1 Kaligondang mengaku bersyukur dan kaget dengan persiapan yang minim berhasil menjadi juara 1 sendratasik. Pihaknya menampilkan drama dengan tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), menceritakan tokoh Cenil yang menasihati Teblok kakaknya untuk  bertata krama terhadap orang tua.

 

“Tidak menyangka kaget, alhamdulillah sendratasik juara 1 hanya dengan persiapan enam hari. Drama dengan musik gamelan Jawa, ada penari dan tokoh Cenil memberikan pesan untuk memiliki tata krama,” ungkapnya senang.

Di samping itu ia juga menuturkan mendapatkan banyak pengetahuan tentang kepemimpinan, pengelolaan organisasi dan kegiatan yang meningkatkan rasa kesetiakawanan dan gotong-rotong pada Raimuna tersebut.

“Mendapat banyak pengetahuan, intinya adalah implementasi dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka,” pungkasnya. (RP)

 

Redaksi : http://ngopionline.com/berita/detail/raimuna-cabang-smkn-1-kaligondang-sabet-2-juara#.Y6hY-IKm6KI.whatsapp

Bagikan :

Artikel Lainnya

SMK N 1 Kaligondang Raih Juara 2...
SMK Negeri 1 Kaligondang terus mengukuhkan diri dengan menguki...
SMK N 1 Kaligondang Sabet 2 Juar...
Ambalan SMKN 1 Kaligondang berhasil menyabet 2 juara pada kegi...
SMK N 1 Kaligondang menggelar Dr...
Pagelaran drama kolosal yang mengangkat kisah tentang perjalan...
Upacara Bendera Peringatan Hari ...
Tanggal 25 November selain sebagai Hari Ulang Tahun PGRI. Juga...
PILKETOS SMK Negeri 1 Kaligondang
Pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di SMKN ...
Semarak HUT Ke 18 SMK Negeri 1 K...
Ulang tahun ke-18 SMK Negeri 1 Kaligondang (18 September 2002-...

Download App Sekolah

Nikmati Cara Mudah dan Menyenangkan Ketika Membaca Buku, Update Informasi Sekolah Hanya Dalam Genggaman