source: fabelio.com

Seringkali kita hanya senang membaca buku lalu lupa cara menyimpannya dengan benar. Apalagi jika kita memiliki banyak buku lalu tidak merawatnya dengan baik. Buku yang disimpan lama akan menjadi bau, lembab, dan berjamur hingga pada akhirnya keadaan tersebut dapat merusak koleksi buku kita. Terlebih pada cuaca yang sering hujan.
Menjaga buku tetap rapi, wangi seperti baru meski berkali-kali dibaca adalah dambaan para pecinta buku. Lalu bagaimana cara merawat buku agar selalu nyaman dibaca? Berikut ada cara yang bisa kamu lakukan dengan buku-buku di rumah.
1. Jauhkan dari lantai
Letakkan buku di rak bagian atas atau tengah rak. Mengapa? Karena bagian bawah seringkali lebih cepat lembab. Hal tersebut mudah memicu tumbuhnya jamur dan bau tak sedap pada buku.
2. Letakkan berdiri, simpan, dan susun di rak
Buku paling baik disimpan dengan susunan berdiri. Dengan begitu, udara tetap dapat masuk ke sela-sela buku. Menumpuk buku akan membuatnya menjadi lebih cepat lembab. Jika dibiarkan dalam waktu lama, menumpuk buku juga akan membuat lembaran-lembaran isi buku saling menempel dan huruf-hurufnya menjadi cepat pudar.
3. Beri udara cukup dan ventilasi di ruang penyimpanan
Pastikan ruang penyimpanan buku-buku memiliki ventilasi yang baik sehingga udara dapat dengan mudah masuk.
4. Bersihkan secara rutin dan letakkan kapur barus
Bersihkan rak buku seacar rutin. Kamu bisa melakukannya setiap dua minggu sekali. Kertas buku terbuat dari kayu yang dijadikan bubur, lalu diproses menjadi lembaran-lembaran tipis sehingga buku kita tak lepas dari incaran rayap. Oleh karena itu, taruhlah beberapa butir kapur barus di sudut-sudut rak agar rayap enggan mendekat. Kamu bisa juga meletakkan penyerap kelembapan.
5. Gunakan pembatas buku
Gunakanlah pembatas halaman yang tipis sebab pembatas yang tipis tidak akan meninggalkan bekas pada halaman buku. Jangan lupa perhatikan ketebalan pembatas karena penggunaan pembatas yang tebal akan meninggalkan bekas lengkung atau bahkan membuat jilid buku lepas.
6. Tangan bersih
Buku Anda akan cacat akibat ulah kotor tangan saat membaca. Selain mengurangi keindahan tampilan buku, kotoran yang menempel pada buku akan jadi faktor pertama buku terlihat usang.
7. Selipkan cabai kering
Cara tak biasa adalah dengan menyelipkan cabai kering. Cabai kering berfungsi menyerap bau tidak sedap akibat terlalu lama di simpan di rak buku dan tidak terkena cahaya matahari

sumber:
https://klasika.kompas.id/baca/jangan-sampai-buku-rusak-begini-cara-merawatnya/ diakses tanggal 21 Februari 2021
https://hot.liputan6.com/read/4335567/7-cara-merawat-buku-agar-tidak-menguning-dan-cepat-rusak diakses tanggal 21 Februari 2021
https://www.gramedia.com/blog/cara-merawat-buku/#gref diakses tanggal 21 Februari 2021

Leave a Comment